Web Ahlan History

Ilustasi/pixabay

BAB AHLAN

   Sebagaimana yang telah kita kaji di part “Asal usul majalah yang ada di dunia dan Indonesia”. Sekarang kita mau ulas lebih dalam nih guys yaitu, arti dari sebuah majalah. Tak kenal maka tak cinta, tak cinta maka tak sayang. So, tak perlu panjang-panjang lagi.

Pengertian Majalah

   Majalah adalah sebuah media publikasi atau terbitan secara berkala yang memuat artikel–artikel dari berbagai penulis (Assegaff, 1983). Majalah adalah salah satu jenis dari media massa. Majalah terdiri dari sekumpulan kertas cetakan yang disatukan. Di dalam majalah juga terdapat halaman-halaman iklan, yaitu sesuatu yang biasanya tidak terdapat di dalam sebuah buku.

Perbandingan dalam kelebihan dan kekurangan

  • Kelebihan Majalah

·      Dapat dinikmati lebih lama (long life span).

·      Pembacaannya lebih selektif.

·      Dapat mengemukakan gambar yang menarik (kualitas visual).

·      Khalayak sasaran; salah satu keunggulan majalah jika dibandingkan dengan media lainnya adalah kemampuannya menjangkau segmen pasar tertentu yang terspesialisasi.

·      Mempunyai kualitas visual yang baik karena umumnya majalah dicetak pada kertas yang berkualitas tinggi.

  • Kekurangan  Majalah

·      Biaya lebih relatif tinggi (mahal).

·      Fleksibilitasnya rendah (terbatas).

E-MAGAZINE

   Awalnya, majalah elektronik hanya mengambil artikel dari versi cetak yang kemudian di-posting secara online. Tujuannya hanya untuk memancing konsumen agar tetap berlangganan versi cetak dari majalah tersebut.

Namun, saat ini majalah elektronik sudah semakin canggih dan berkembang sehingga mampu membuat majalah yang memiliki konten serta karakteristik yang orisinal dari masing-masing majalah tersebut.

Bagi penerbit, majalah berbasis internet yang melakukan penyampaian informasi lewat dunia maya ini tentunya harus lebih berhati-hati. Editor harus memegang kendali terhadap konten-konten yang masuk. Hal tersebut digunakan untuk memastikan bahwa tidak ada konten yang menyinggung dan tidak menyenangkan bagi khalayak.

Berikut kekurangan dan kelebihan E-magazine

  • Kelebihan E-magazine di antaranya yaitu:

·      Dapat diakses kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan media elektronik yang juga mudah dibawa ke mana saja.

·      Pembaca dengan mudah dapat mengirimkan artikel kepada rekannya, memesan produk iklan yang terdapat di website, dan mencari topik-topik hangat yang pernah ada di artikel edisi sebelumnya.

·      Tidak membutuhkan ruangan atau tempat yang luas untuk penyimpanannya, karena berkas menggunakan format file digital.

·      Membantu mengurangi dampak pemanasan global dengan penggunaan kertas yang semakin mahal dan persediaan yang semakin menipis.

·      Informasi (berita) dapat disampaikan secara cepat.

·      Biaya produksi cenderung lebih murah.

·      Kejadian suatu berita dapat diberitakan secara langsung.

  • Sedangkan kekurangan dari E-magazine antara lain;

·      Hanya dapat dinikmati oleh sebagian kalangan “tertentu” saja yang berdampak pada terbatasnya sasaran pasar.

·      Membuat indra penglihatan (mata) lebih cepat lelah karena teknologi elektronik memancarkan radiasi. Pada jangka panjang, radiasi tersebut juga akan berdampak bagi kesehatan manusia.

        Demikian yang dapat kami sampaikan, permohonan maaf kami bila terdapat banyak kesalahan dan kekurangan karena sejatinya kami crew Ahlan Magazine hanya manusia biasa, selalu berbuat salah. Terima kasih untuk kalian yang tetap setia mengeja aksara kami, stay positive and creative dan jangan lupa tetap jaga protokol kesehatan untuk memutus mata rantai virus covid-19.

God bless you all. 😉 (DRS)

Referensi;

  1. www.wikipedia.com
  2. Tanah Air Bahasa, Seratus Jejak Pers Indonesia karya Taufiq Rahzen.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *